197 Calhaj Asal Sergai Diberangkatkan Ke Tanah Suci


28 Jul 2017, 243

Pegajahan, serdangbedagaikab.go.id

Sebanyak 197 Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Serdang Bedagai secara resmi dilepas keberangkatannya menuju Tanah Suci Mekkah guna menunaikan rukun Islam kelima oleh Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM bertempat di Eks MTQ Kompleks Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jum'at (28/7)

Turut hadir pada pelepasan tersebut Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SIK, SH, MH, perwakilan Kodim 0204/DS, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI Lukman Yahya, Ketua FKUB H. Irfan Elfuadi Lubis, Kepala OPD, para Camat, para Calhaj, serta keluarga Calhaj yang akan diberangkatkan.

Kepala Seksi Haji Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sergai Zulkifli Sitorus, M.Ag dalam laporannya menyampaikan persiapan pemberangkatan 197 Jemaah Calon Haji asal Sergai yang terdiri dari laki-laki sebanyak 75 orang dan perempuan 117 orang ini berjalan lancar mulai dari pengurusan pasport, serta dalam pemeriksaan kesehatan secara fisik layak untuk diberangkatkan.

Disampaikan juga Calhaj Sergai akan berangkat melalui Kloter 2 yang bergabung dengan Kotamadya Tebing Tinggi dan Tanjung Balai dengan total 392 jemaah.

Lebih lanjut disampaikan pada kloter tahun ini ada 2 orang Wakil Ketua DPRD Sergai turut menunaikan ibadah haji yaitu Hasbullah Hadi Damanik selaku TPHD dan Riady, S.Pd selaku calhaj reguler. Dijadwalkan berangkat besok pagi 04.40 wib, karena jam 07.00 WIB pagi sudah take off dan pukul 11.00 dijadwalkan para Calhaj sudah sampai Madinah.

Sementara Sekdakab Drs. Hadi Winarno saat membacakan sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berpesan kepada para calon Jamaah Haji senantiasa memelihara kekompakan, keutuhan dan kebersamaan dan melaksanakan ibadah tersebut dengan tuntunan yang telah diberikan.

Selanjutnya peliharalah kesehatan fisik agar mam;u melaksanakan seluruh rukun wajib dan sunnah haji dengan sempurna melalui perbanyak konsumsi air putih, buah-buahan dan makanan yang bergizi.

Yang terakhir adalah agar para calon jemaah haji selalu menghormati dan mentaati segala ketentuan perundang-undangan yang berlaku selama menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah maupun Madinah guna menjadi tamu yang baik dinegara orang lain.

Mengakhiri sambutannya Bupati Ir. H. Soekirman atas nama masyarakat Kabupaten Sergai menyampaikan ucapan selamat jalan dan selamat beribadah, semoga Allah SWT senantiasa melindungi perjalanan serta ibadah para jemaahCalon haji, dan kembali ke Kabupaten Sergai dengan predikat haji yang marur”, pungkas Bupati.

Pada daftar keberangkatan Haji asal Sergai tahun ini, tercatat Calhaj tertua bernama Hamidah (79 tahun) dari Perbaungan dan termyda Sri Utami (30) yang juga berasal dari Kecamatan Perbaungan. (Red)