Bupati Soekirman Lepas 850 Mahasiswa UIN-SU KKN di Sergai


10 Jul 2017, 3155

Sei Rampah,Sebanyak 850 (delapan ratus lima puluh) mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara resmi dilepas oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman  di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (5/7).

Hadir dalam pelepasan tersebut Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Wakil Rektor III Bidang KemahasiswaanUIN-SU Prof. DR. Amroeni, MA, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Kepala OPD dan Camat.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyambut baik program KKN ini. Selanjutnya Bupati kepada mahasiswa mengatakan bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang terdiri atas 17 Kecamatan dan 243 Desa/Kelurahan ini terdapat beragam suku bangsa dan agama yang menunjukkan toleransi antar umat beragama dan suku yang ada. Oleh karenanya, kehadiran para mahasiswa selain untuk melaksanakan tugas KKN harapannya dapat memberikan pencerahan dari masing-masing ilmu pendidikan yang dimiliki, harap Bupati.


Disampaikan Bupati juga bahwa Kabupaten Sergai termasuk daerah religius, hal ini ditandai dengan banyaknya rumah ibadah dan salah satunya adalah Masjid, ulama dan para Sarjana Agama. Oleh sebab itu kehadiran mahasiswa dapat menyelaraskan pengetahuan masyarakat dengan ilmu yang dienyam di bangku kuliah.


Kemudian diutarakan Bupati bahwa masyarakat Sergai tidak menghendaki adanya faham-faham radikalisme dan bertolak belakang dengan umat Islam. Untuk itu dengan kehadiran para mahasiswa KKN ini dapat semakin menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan di daerah ini. "Marilah kita cerahkan masyarakat Sergai dengan ilmu yang bermanfaat dan setelah selesai melaksanakan KKN nantinya jangan sungkan untuk kembali ke sini. Jika tiap mahasiswa KKN ada 1 lembar meninggalkan ilmunya melalui KKN ini, maka akan ada 850 lembar ilmu yang baru yang akan di manfaatkan oleh ribuan masyarakat Sergai, " pungkasnya.


Sebelumnya Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. DR. Amroeni, MA dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk tahun ini UIN-SU menyalurkan 2.951 mahasiswa yg disebar ke 5 Kabupaten/Kota termasuk Sergai yang menjadi prioritas utama pelaksanaan KKN dengan segala kekayaan potensi masyarakat dan daerahnya.


Untuk Kabupaten Sergai sendiri, mahasiswa UIN-SU berjumlah 850 orang yang dibagi dalam 34 kelompok masing-masing berjumlah 25 mahasiswa semester VI, namun tahun depan diperkirakan meningkat karena masih ada mahasiswa pada program studi baru dibuka yang belum mengikuti KKN, katanya.


Dijelaskan Amroeni KKN ini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu darma dan pengabdian ilmu yang didapat dari perkuliahan untuk diterapkan kepada masyarakat. Untuk itu dipesankan kepada Mahasiswa yang melaksanakan KKN ini agar dapat memberikan manfaat terhadap daerah tempat melaksanakan KKN tersebut serta menjaga kehormatan dan nama baik almamater juga nama baik Kabupaten itu sendiri. Kami atas nama rektor menitipkan mahasiswa ini dalam jangka waktu 1 bulan dan ada yang 2 bulan.Mohon arahan, bimbingan dan bantuan dari Bupati beserta jajaran dalam hal pelaksanaan KKN mahasiswa UIN-SU ini, ungkapnya.