Bupati Soekirman Terima Kunker Dewan Perpustakaan Nasional Sumut


14 Sep 2017, 582

Sei Rampah, serdangbedagaikab.go.id

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menerima kunjungan kerja (kunker) Ketua Dewan Perpustakaan Nasional Sumut Prof. Dr. Hasim Purba, SH, M.Hum beserta jajarannya bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (4/9).

Kunker tersebut dilaksanakan usai rapat koordinasi pemerintahan dan pembangunan jajaran Pemkab Sergai. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai, Dewan Pakar Perpustakan Provsu yang juga menjabat sebagai Koordinator USAID PRIORITAS Provinsi Sumut Agus Marwan serta beberapa jajaran Dewan Perpustakaan Sumut. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Soekirman menyambut baik terbentuknya Dewan Perpustakaan ini. Selain itu, kedatangannya di Tanah Bertuah Negeri Beradat kali ini dalam rangka misinya mencerdaskan dunia pendidikan lewat membaca yang akhirnya akan membawa perubahan positif dibidang perpustakaan.

Bupati Soekirman menceritakan bahwa dengan kemajuan teknologi, saat ini buku sudah mulai terancam (punah), karena umumnya masyarakat lebih sering membaca atau mendapat informasi lewat media online ketimbang membaca buku. Akan tetapi jika buku tersebut disusun semenarik mungkin seperti sebuah perpustakaan mini yang memuat banyak koleksi maka akan menimbulkan minat baca bagi masyarakat khususnya pelajar.

Dikatakannya, Perpustakaan erat kaitannya dengan pendidikan dan salah satunya adalah untuk memajukan pendidikan yang dikemas dalam media perpustakaan. Oleh karenanya Bupati berharap Dewan Perpustakaan dapat mendorong peningkatan minat baca bagi masyarakat khusunya bagi yang masih menempuh pendidikan. Kedepan, Bupati menginginkan  perpustakaan ada disetiap daerah/desa bukan hanya di kantor maupun sekolah-sekolah saja.

Sedangkan Ketua Dewan Perpustakaan Nasional Sumut Prof. Dr. Hasim Purba, SH, M.Hum dalam sambutannya sembari memperkenalkan anggota dijajarannya mengatakan bahwa Dewan Perpustakaan sumut periode 2017-2020 terbentuk melalui SK Gubernur Sumut No. 188.44/KPTS/2017. Hal ini juga merupakan amanat UU RI Nomor 43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan. Kemudian Dewan Perpustakaan bertugas memberikan pertimbangan, nasihat dan saran bagi perumusan kebijakan dalam bidang perpustakaan, menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap penyelenggaraan perpustakan, kata Hasim Purba.

Dengan mendirikan perpustakaan hingga ke desa-desa tentunya akan menimbulkan minat baca yang tinggi serta meningkatkan SDM masyarakat sehingga masyarakat akan menjadi unggul. Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Sergai termasuk dalam daerah yang mempunyai potensi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan menangnya salah satu desa asal Sergai  pada ajang lomba perpustakaan. Acara diakhiri dengan dialog interaktif dan tanya jawab bagi OPD kepada jajaran Dewan Perpustakaan Sumut.