Jelang Idul Fitri 1438 H, Pemkab Sergai Gelar Bazar Daging Murah di 41 Desa


05 Jul 2017, 330

Sei Rampah, MCSerdangbedagai.com

Dalam rangka pengendalian harga dan ketersediaan pangan khususnya daging sapi menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 H/2017 M, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bekerjasama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Sergai menyelenggarakan Bazar Daging Sapi Murah.

Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Kadis Kominfo Ikhsan AP via telefon seluler kepada para wartawan, Sabtu (24/6).

Dilanjutkan Bupati, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Sergai dalam menjaga kestabilan harga pangan serta membantu daya beli masyarakat akan daging sapi.
“Jadi, dengan ketersediaan daging yang murah ini, diharapkan tidak hanya orang yang mampu saja yang dapat membelinya, namun juga kalangan menengah kebawah dapat juga merasakannya, agar makna Idul Fitri dapat lebih terasa hingga kesemua kalangan”, pungkas Bupati.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Dimas Kurnianto dalam laporannya menyampaikan bahwa bazar daging murah ini adalah tindak lanjut Pemkab Sergai atas usulan dari Pemdes dan BUMDes yang ada di Sergai tentang perlunya diadakan kegiatan guna menjaga kestabilan harga daging dan membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi terutama disaat lebaran Idul Fitri.
Bazar Daging Murah ini dilaksanakan di 41 Desa pada 11 Kecamatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu mulai tanggal 23-24 Juni 2017. Dengan total menyembelih 56 ekor lembu, kemudian dijual kepada masyarakat seharga Rp. 100.000,-/kg, lebih murah dari harga pasaran yang berada pada kisaran harga Rp. 125.000,- s/d Rp. 130.000,- per kilogramnya, sambungnya.
Sementara untuk pengelolaan dan metode yang digunakan pada Bazar Daging Murah ini diserahkan kepada kearifan lokal masing-masing desa dan kecamatan. Namun khusus untuk Desa Deli Muda Hulu Kecamatan Perbaungan, diadakan pembagian 100 paket daging sapi gratis kepada anggota BUMDes yang berasal dari dana CSR (Corporate Social Responsibility) BUMDes tersebut, pungkas Kadis PMD.

Pada kesempatan itu juga Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM dan Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno beserta seluruh jajaran Pemkab Sergai menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sergai yang merayakannya, semoga dengan kompaknya Pemerintah dengan rakyatnya, akan dapat mempercepat terwujudnya visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan, ujar Bupati. (MCSergai/Indan)

Teks Photo :
BAZAR DAGING : Posko Bazar Daging Murah Pemkab Sergai tengah diserbu masyarakat yang ingi membeli daging guna dikonsumsi pada lebaran, masing-masing dibeberapa tempat di 41 desa se-Kabupaten Sergai, Sabtu (24/6)