Kementrian Kominfo Gandeng Diskanla Sergai Sosialisasikan Nelayan Go Online


14 Sep 2017, 154

Sei Rampah, serdangbedagaikab.go.id

Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui program ekonomi kerakyatan bekerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) serta Aruna Indonesia menggelar Sosialisasi Program Nelayan Go Online bertempat di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla) Sergai, Komplek Bumi Sergai di Sei Rampah, Kamis (24/8).

Hadir pada acara tersebut Wijayanto selaku Kepala Sub Direktorat Industri Perangkat Informatika Pengguna Kementrian Komunikasi dan  Komunikasi RI, Kadis Kanla Sergai Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, Implementation Manager PT Aruna Nuswantara Rudi, serta para nelayan dari 5 Kecamatan daerah pesisir di Kabupaten Sergai.

Kadis Kanla Sergai Sri Wahyuni Pancasilawati, SP dalam sambutannya mengapresiasi perhatian Kementrian Kominfo kepada nelayan di Kabupaten Sergai dengan diadakannya kegiatan ini. Dikatakannya bahwa dengan dilaksanakan sosialisasi ini dapat mengangkat dan meningkatkan hasil tangkapan serta memanajemen dengan baik keuangan sehingga dapat menaikkan perekonomian nelayan di Kabupaten Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Kadis Kanla, dengan adanya penerapan aplikasi Nelayan Go Online ini disampaikan bahwa para toke atau pengepul tidak perlu khawatir dan menganggap ini adalah persaingan dalam perniagaan, namun justru diharapkan para toke dan pengepul tersebut menjadi Bapak Angkat para nelayan dalam distribusi hasil tangkap, terangnya.

Melalui pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT) yang tepat dan benar tentu akan memberikan hal yabg sangat positif bagi kehidupan masyarakat khususnya nelayan. "Kita sekarang berada dizaman modernisasi dengan segala teknologi yang ada. Seperti kata Bupati Ir. H. Soekirman, walau kita dari Kampung, namun kemampuan IT kita bukan kampungan", pungkas Kadis yang akrab disapa Yuyun ini.

Sementara Kepala Sub Direktorat Industri Perangkat Informatika Pengguna Kemkominfo  Wijayanto  dalam sambutannya menyampaikan Kementrian Kominfo mendukung 7 sektor strategis yang didalamnya terdapat sektor perikanan. Kemkominfo mendorong dan mendukung peningkatan sektor perikanan tersebut melalui Program Nelayan Go Online yang baru tahun ini dicanangkan Menteri Kominfo bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT).

Ada 3 (tiga) aplikasi yang diperkenalkan kepada nelayan antara lain e-TPI yaitu aplikasi pengelolaan transaksi dan pelelangan ikan digital yang ditujukan untuk koperasi nelayan dan pengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) guna mengelola data perikanan menjadi lebih mudah dan terhubung dengan akses pasar yang lebih luas. Kemudian ada aplikasi bernama Fishlog, yaitu aplikasi yang memudahlan nelayan guna pencatatan hasil tangkapan. Selanjutnya adalah aplikasi pasarlaut.com yang merupakan portal jual beli hasil laut dan perikanan Indonesia yang menghubungkan nelayan langsung dengan konsumen akhir skala industri.