Pemkab Sergai Canangkan GERMAS Tahun 2017


18 Okt 2017, 147

Pegajahan,  serdangbedagaikab.go.id

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Dinkes Provsu untuk yang kedua kalinya menggelar acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2017 bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Keluurahan Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, Selasa (17/10).

Dalam acara tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menyambut hangat kedatangan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) DR. Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si. Tampak hadir juga Kapolres Sergai AKBP. Eko Suprihanto, SH, SIK, MH, Kadis Kesehatan Provsu Agustama Sembiring, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat se-Sergai, Deputi Wilayah Direksi Sumut-NAD diwakili Kacab BPJS Kesehatan Lubuk Pakam Rita Masita Ridwan, Kepala BPJS Sergai Abu Safra Tanjung, unsur Dinas Kesehatan, para pelajar serta masyarakat peduli lingkungan sehat.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya mengucapkan selamat datangnya kepada Gubsu Erry Nuradi beserta rombongan. Dikatakannya, bahwa kegiatan ini sudah dimulai pada Minggu lalu (3/10) sekaligus mencanangkan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) dan akan disusul dengan pencanangan GERMAS pada hari ini atas kerjasama Dinkes  Provsu dan Dinkes Kabupaten Sergai.

Pada hari ini sebelum GERMAS dicanangkan, kita berdoa untuk pemimpin dan seluruh masyarakat agar senantiasa diberi kesehatan. Selanjutnya untuk kedepan mari kita satukan langkah untuk menuju gerakan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera, pungkas Bupati Soekirman. Sementara itu Gubsu Erry Nuradi memberikan apresiasi dan rasa gembira dapat hadir pada acara ini. Germas sudah sesuai RPJMN 2005-2024 bahwa dibidang Kesehatan kita mengedepankan kegiatan yang bersifat preventif dan promotif.

Ditambahkannya, bahwa penyebab kematian saat ini terbesar adalah penyakit tidak menular seperti jantung. Hal ini karena kita tidak menerapkan pola hidup yang sehat. GERMAS ini mengajak kembali masyarakat untuk mengutamakan pola hidup bersih dan sehat. Seperti halnya juga dahulu disekolah kita selalu mencuci tangan serta melakukan senam setiap pagi sebelum belajar. Demikian juga gerakan-gerakan yang berhubungan dengan pola makanan yang sehat.

Oleh karena itu GERMAS ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensosialisasikan kegiatan ini. Selain itu juga saya ucapan terima kasih kepada stake holder yang mengumandangkan gerakan senam dan pola makan serta hidup sehat dalam mendukung kegiatan ini. Kemudian terdapat alokasi subsidi Kartu Sumut Sehat (KSS) sekitar 100 milyar untuk 331.000 orang berpenghasilan rendah yang dilindungi oleh pemerintah melalui BPJS.

Gubsu Erry Nuradi juga memberikan dukungan dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait dan diharapkan pemerintah daerah ikut serta dalam membantu pembiayaan bagi masyarakat kurang mampu didaerahnya masing-masing, pungkasnya. Acara diisi dengan penyerahan Kartu Sumut Sehat serta penandatanganan Komitmen Bersama dalam rangka pelaksanaan Germas di Kabupaten Sergai. (MCSergai/vivi)