Sergai Peringati Hari Lansia Tahun 2017


14 Sep 2017, 983

Sei Rampah, serdangbedagaikab.go.id

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2017 bertempat di Aula Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Senin (14/8). Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya, Plt. Wakil Ketua DPRD Karmadi, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Kadis Sosial Misran, SE, Kadis Nakerkop Aguslan Simanjuntak, SE, Kabag Kesra H. Nasrul Aziz Siregar, Pimpinan Bank Sumut Sei Rampah Sujendi, para Camat, Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), pendamping Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (Aslut), Program Keluarga Harapan (PKH), Asistensi Penyandang Disabilitas Berat (ASPBD), Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos), Perwakilan Dunia Usaha, serta ratusan perwakilan kaum lansia se-Sergai.

Wabup Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka acara mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Peringatan Hari Lansia Tahun 2017 hari ini dalam rangka menyatukan langkah bersama membangun dan mewujudkan kepedulian masyarakat yang baik atau disebut Good Society.
Lebih lanjut Wabup yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Sergai menekankan pentingnya peran lanjut usia dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Hal tersebut dikarenakan para lanjut usia adalah unsur yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial, sehingga selain sebagai penjaga rambu-rambu sosial, lansia juga adalah pelestari nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang memastikan pemeliharaan warisan budaya bangsa, terang Wabup.
Dikatakannya bahwa Pemerintah daerah terus menerus memberikan dukungan antara lain dalam anggaran APBD Tahun 2017 merumuskan program pelayanan rehabilitasi sosial yang dituangkan dalam peringatan Hari Lansia dan penyantunan lanjut usia miskin dan terlantar Tahun 2017.

Mengakhiri sambutannya Darma Wijaya berpesan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjadikan nini sepuh lansia sebagai pemimpin utama dalam memberikan nasihat dan himbauan kepada kita sebagai anak cucu untuk melakukan perubahan fundamental, yaitu perubahan mental kearah yang lebih baik, terutama agar jauh dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang semakin mengkhawatirkan, demi masa depan penerus bangsa serta kejayaan Indonesia yang kita cintai, pungkasnya.

Sebelumnya, Kadis Sosial Misran, SE dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan yang bertema "Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia" ini adalah untuk menghadirkan Pemerintah ditengah-tengah masyarakat dalam mendukung dan memberikan semangat kepada lanjut usia agar senantiasa sehat, sejahtera, produktif dan meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap lansia terlantar.

Acara diisi dengan pertunjukan Senam Lansia, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta penyerahan bingkisan secara simbolis kepada perwakilan Lansia.