Walikota Tangsel Apresiasi Penerapan e-Government di Sergai


11 Jul 2017, 333

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmy Diani menyampaikan apresiasi atas penerapan aplikasi layana e-Government Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Hal tersebut disampaikan saat meninjau ruang Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai disela-sela acara Halal Bi Halal dan Soft Launching e-Government Kabupaten Sergai di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/7).

Disampaikan Airin bahwa pemanfaatan kerjasama ini adalah untuk mendukung kinerja aparat pemerintahan daerah serta mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah untuk menunjang pembangunan dan peningkatan pelayanan publik serta harapan kedepannya yang paling utama adalah agar kedua daerah sama-sama maju dan sejahtera. “Sukses untuk Pemkab Sergai, sukses untuk kita semua”, ujar Airin.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Sekda Drs. Hadi Winarno, MM, beserta Kadis Kominfo Ikhsan AP menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkot Tangsel dan Pemkab Banyuwangi yang telah berbagi ilmu pengetahuan berupa aplikasi yang dapat memudahkan kinerja Pemerintahan Kabupaten Sergai.

Terkait penerapan aplikasi SISUMAKER atau Sistem Surat Masuk dan Keluar, hal ini adalah tindak lanjut dari Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Walikota Tangsel Airin Rachmy Diani serta antara Kadis Kominfo Sergai Ikhsan AP dan Kadis Kominfo Tangsel Drs. H. Sukanta tersebut terkait replikasi dan adopsi aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER), bertempat di Aula Lantai 4 Balai Kota Tangerang Selatan, Ciputat pada bulan Juni yang lalu.

Seperti diketahui, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman ingin pelaksanaan aplikasi SISUMAKER tersebut di Kabupaten Serdang Bedagai guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan sistem persuratan seperti yang telah dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang sejak 2015.

Selain SISUMAKER, aplikasi yang turut di soft launching antara lain SIKD (Sistem Informasi Keuangan Daerah), Sipinter (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu), Aplikasi e-Pajak (Go-Jak dan Go-Sip), Simpeg (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian), e-Kinerja, e-Dokumen, SIGIS (Sistem Informasi Geografis), SIKAP-TPG (Sistem Informasi Manajemen Kelengkapan Administrasi Pembayaran Tunjangan Profesi Guru), serta Aplikasi Absensi Online.